RINDUKAN NAGARI PENYELAMAT NKRI

“Catatan Devia Yolanda di Nagari Lubuk Jantan”

Hari ini adalah hari pertama memasuki perkuliahan di semester ganas (Semester VII). Seminggu sudah berlalu masa-masa ber-KKN, tetapi masa itu tetap tersimpan di ingatan dan kini saya berusaha untuk mengemasnya dalam kata-kata sederhana. Kini saya rindukan Nagari Penyelamat NKRI yaitu Nagari Lubuk Jantan.

Dengan rasa syukur, KKN saya ditempatkan di Kabupaten Tanah Datar Kecamatan Lintau Buo Utara terlebih lagi di Nagari Lubuk Jantan. Walau seorang diri dengan jurusan SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) tetap merasakan betapa kayanya Nagari ini akan sejarah serta budaya. Di Nagari ini tersimpan peristiwa penting bagi rakyat Indonesia.

Diantaranya peristiwa PDRI yang penuh haru dan heroik itu, melalui corong Radio YBJ yang berada disalah satu jorong di Nagari Lubuk Jantan menyatakan bahwa Indonesia masih ada kepada dunia internasional. Dan karenanya telah menyelamatkan NKRI.

Selain menyimpan sejarah nasional bangsa ini, masyarakat Nagari Lubuk Jantan begitu sadar akan kekayaan budaya Minangkabau. Dengan mendirikan sebuah sanggar “Sasaran Sanggo Nani ” semua elemen masyarakat mulai dari anak kecil hingga tetua disana ikut serta dalam mempertahankan budaya luhur Minangkabau dalam arus budaya modernisasi. Seperti “Barandai”, “Basilek”, “Badendang”, dan “Manari” yang kesemuanya adalah khazanah budaya alam Minangkabau.

Terimakasih untuk pengalaman KKN-PPM selama di “Nagari penyelamat Negara RI,” sungguh ini pengalaman yang sangat berharga. dan keinginan untuk kembali berada di nagari ini sangat kuat. Bila ada kesempatan dan kesehatan ingin lagi rasa nya mengunjungi tempat tersebut, untuk menggali dan mengkaji khazanah sejarah lokal maupun nasional, begitu pula khazanah budaya alam Minangkabau yang masih terpelihara di Nagari Lubuk Jantan.

Moga Allah menghendaki dan meridhoi.. Aamiin

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *